Tinggalkan komentar

Targeting Review Untuk “Given” Product

Seringkali saat kita join ke sebuah company, mereka sudah punya produk/brand dan kita harus memasarkannya tanpa boleh ngutak ngatik produknya. Kondisi ini sering sekali terjadi terutama pada company menengah kebawah dimana mayoritas owner hanya focus dalam membuat produk dan menjualnya jarang sekali yang berpikir dari fundamental.

Trus apa yang harus kita lakukan jika kita punya produk sudah “given” ? First things First yang harus kita lakukan adalah Brand Audit. Yup, lakukan review dulu baru bikin rencana kerja.

Karena jarang sekali punya budget riset serta biasanya mereka menuntut kita berkerja lebih cepat dari mie instan maka short cut yang bisa kita lakukan adalah melakukan Targeting Analysis dengan melakukan tools dibawah ini. Sekali lagi, ini tools ini tidak recommended untuk menjadi benchmark karena seperti pada tulisan sebelumnya, STP harus dilakukan secara proper. Namun tools ini cukup mumpuni untuk memperkirakan Target Market kita.

Bagaimana menentukan Targeting dari Product yang sudah “given” ? Ambil contoh sebagai berikut:

  1. Produk, Jewelry untuk perempuan dengan harga paling murah Rp. 3.000.000,-
  2. Dari info diatas kita coba lakukan analisa mundur Targeting.  Dimana yang sudah jelas baru, Gender yaitu untuk perempuan. Nah kita akan coba review untuk yang lainnya.
  3. Siapa sih yang bisa beli harga 3 juta untuk jewelry? Ini berarti minimal pendapatannya adalah 3 juta rupiah juga dengan asumsi tidak menabung dan bukan dibeliin, karena kalo ikut factor tersebut analisa menjadi terlalu luas factor variable nya.
  4. Orang pasti jarang sekali membeli sebuah benda dengan 100% pendapatan yang dimiliki karena setiap orang pasti punya fix cost untuk dibayar. Oleh karena itu untuk analisa ini kita tambahkan factor biaya dengan breakdown sebagai berikut:
  • Makan 3x sehari x Rp.20.000,- x 30 hari = Rp. 1.800.000,-
  • Transport umum 2x naik x Rp.5.000 x 22 hari kerja = Rp. 220.000,-
  • Pulsa Smartphone 1x isi x Rp.100.000,- = Rp. 100.000,-
  • Kita anggap tinggal masih dengan orang tua.
  • Total Biaya = Rp. 2.120.000,-

Dengan perhitungan diatas, maka untuk membeli produk kita senilai Rp. 3 juta sebagai pendapatan yang harus dimiliki adalah :

Total Harga Barang + Total Biaya = Total Pendapatan , dalam hal ini adalah Rp. 5.120.000,-

Dari angka diatas kita jadi tau, bahwa target market kita minimal bekerja. Nah, untuk mendapatkan pendapatan sebesar itu maka posisi kerjanya minimal apa? Secara realita saat ini, maka posisinya harusnya sudah mulai masuk ke early management seperti Supervisor atau Coordinator level.

Setelah mengetahui posisinya, maka kita bisa memperkirakan usia dan tingkat pendidikannya. Jika lulusan S1 masuk kerja di entry position maka butuh sekitar 3 s/d 4 tahunan untuk mencapai posisi tersebut. Dan jika fresh graduate S2, maka langsung bisa mendapatkan posisi tersebut. Usia masuk universitas sekitar 19 tahunan (SD, SMP, SMA) dan normal kuliah selesai sekitar 4 tahunan. Maka usia lulus kuliah sekitar 23 tahunan dan saat jadi Supervisor usianya berkisar 26 tahun.

Dari review diatas, sekarang kita jadi bisa memperkirakan Targeting dari produk kita. Summary dari review diatas maka Target Marketing kita adalah :

Perempuan, usia 26 tahunan keatas, bekerja, penghasilan Rp. 5 juta keatas dengan pendidikan S1 keatas.

Setelah melihat Targeting diatas, maka baru bisa kita lanjutkan dengan Brand Auditnya. Ambil yang simple dahulu, yaitu check apakah kita sudah berkomunikasi dengan audience yang sesuai dengan Target Market kita? Apakah store kita berada dilingkungan mereka? Seru ya begitu tau hal ini ^.^

Yuk lakukan review Targeting dari produk dan brand kita trus share hasilnya di kolom comment dibawah ini ya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: