Tinggalkan komentar

How To Create Low Cost Sales Promotion Program at Store Manager Level?

Di retail challenge yang menantang salah satunya adalah kecilnya persentase Marketing Cost, biasanya dibawah 5% dan yang sering adalah 2% dari total sales. Itu Marketing Cost loh, artinya seluruh biaya mulai dari Iklan, cetak brosur hingga tactical program di Store sudah masuk kesana semua. Nah loh, kalo nominal sales nya masih kecil maka budgetnya bisa kecil banget. Apalagi jika ownernya short term thinker bisa lebih menderita lagi itu team marketing.

Trus jika di level HO saja sudah menderita apalagi di Store level? Padahal di Store level butuh banyak tactical program, mengingat program Nasional tidak bisa cover 100% kebutuhan Store bukan? Trus gimana caranya mengantisipasi hal ini? Ingat Store level itu juga seringkali dibatasi oleh wewenang dan ini menyulitkan namun dengan kreatifitas kita bisa bikin banyak hal sebagai Store Manager.

A. Joint Promotion

Ini yang paling umum dilakukan dan paling mudah dilakukan oleh setiap Store Manager (STM). Ingat kita berada di dalam Mall, berarti ada banyak tenant yang bisa kita ajak jadi partner Joint Promotion (JP). Konsep dasar JP adalah :

  1. Memiliki kesamaan Target Market
  2. Saling Menguntungkan
  3. Seimbang

Objective dasar dari program JP adalah Peningkatan Potential Traffic dengan menarik traffic dari partner JP ke Store kita begitu juga sebaliknya. Karena berada dalam satu segment maka tingkat potensinya lebih tinggi.

Beberapa program yang bisa dilakukan adalah memberikan benefit tambahan dimana besaran dan bentuknya disesuaikan dengan local budget atau wewenang dari Store level karena berbeda di tiap perusahaan. Dan bentuk program nya sangat bervariasi tergantung dengan siapa kita akan melakukan JP. Kreativitas sangat dibutuhkan dalam merancang program JP. Secara umum konsep dasarnya seperti contoh dibawah ini.

Contoh Program:

  • Bawa Struk Belanja, dapatkan special price/special product/special treatment
  • Belanja minimal sekian rupiah mendapatkan voucher dari Store A
  • Hingga saling menampilkan display product
  • Saling meletakkan flier atau POP

B. Supporting Mall Event

Seringkali mall mengadakan acara, namun seperti yang kita ketahui mall juga sangat membutuhkan partnership mengingat budget mereka juga sangat terbatas padahal acara yang harus dibuat butuh banyak biaya.

Nah kita bisa masuk dari celah seperti ini. Coba perhatikan event yang akan dibuat dan lihat dari sisi kita apakah ada product yang bisa kita berikan untuk support acara tersebut? Atau jika tidak ada product yang bisa kita berikan kita juga bisa berikan benefit untuk mereka.

Contoh:

  • Memberikan potongan atau special price atau product untuk setiap yang mendaftar dengan menukarkan kwitansi pendaftaran
  • Bisa juga memberikan performance art ke acara mereka dan sebagai gantinya mendapatkan booth untuk pendaftaran

Dan ini berlaku untuk setiap event yang dijalankan di mall dimana Store kita berada. Disini butuh kejelian STM untuk melihat dan mencari celah untuk support.

Dua tactical diatas adalah cara menarik traffic dari luar dan memperbesar market dengan customer acquisition program. Ingat Rumus dasar sales:

Quantity Sold x Price = Sales

Quantity Sold bisa datang dari jumlah pembeli yang meningkat dari traffic yang meningkat atau bisa datang dari peningkatan volume pembelian dari pembeli yang tetap.

Di Articl lain kita bahas lebih detail dari rumus dasar sales ini dan implementasinya. Now, Lets Try Simple Tools diatas yang bisa dilakukan di level Store. Kunci dari program ini adalah memperbesar Relationship and Networking (RAN).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: