Tinggalkan komentar

2015 is about to end, have you prepare your 2016 Plan?

Kenapa kita perlu Rencana Kerja (RK)? Karena kita punya Tujuan yang ingin dicapai!

RK membantu kita untuk mencapai Tujuan yang kita inginkan secara maksimal. Sebagai panduan, RK mengandung seluruh unsur dalam aspek perusahaan mulai dari Financial Perspective, Customer Perspective, Internal Business Process Perspective hingga Learning and Growth Perspective. Dimana ke empat aspek tersebut dikenal dengan Balance Score Card (BSC).

Yuk kita bahas secara singkat:

1. Financial Perspective, pada bagian ini terdapat minimal 2 target mendasar : yaitu besaran revenue yang ingin didapatkan dan besaran keuntungan (net profit) yang ingin diterima. Besaran angka ini penting untuk ditetapkan sebagai acuan seluruh kegiatan perusahaan dari penjualan, investasi hingga pengeluaran biaya operasional. Kita harus tahu berapa yang akan kita dapatkan agar kita bisa merencanakan berapa besar biaya atau investasi yang akan kita keluarkan. Dasar perhitungannya menggunakan history setahun sebelumnya ditambah dengan besaran pertumbuhan yang kita harapkan untuk penjualan serta besaran biaya atau investasi yang akan kita keluarkan. Perkiraan ini dibuat dari mulai per store dan per department baru kemudian di konsolidasi secara nasional.

2. Customer Perspective, pada bagian ini terdapat minimal 2 target mendasar yaitu jumlah customer yang kita inginkan serta tingkat kepuasan yang kita harapkan. Mengapa ukuran ini penting? karena revenue yang kita hasilkan merupakan hasil transaksi dari para pelanggan atau pembeli produk dan jasa kita. Kepuasan mereka merupakan faktor yang menentukan masa depan perusahaan kita. Dasar perhitungannya bisa melihat jumlah transaksi yang terjadi atau jumlah produk yang terjual, dimana kita bisa asumsikan 1 orang per transaksi atau per produk. Namun jika memiliki database pelanggan serta perhitungan traffic pelanggan maka perhitungannya menggunakan data tersebut.

3. Internal Business Process, pada bagian ini merupakan seluruh usaha kita secara internal yang akan kita lakukan untuk mencapai 2 persepective sebelumnya. Dimana pada bagian ini minimal terdapat 4 target mendasar : Bidang Marketing & Sales, Bidang Product Development atau Business Expansion, Bidang Business Process & Improvements dan Bidang Partnership with Supplier or Partner.  Mengenali proses internal yang harus kita lakukan membuat seluruh tujuan kita tidak sekedar impian semata tapi sebuah Tujuan yang bisa kita usahakan dan capai.

4. Learning & Growth Perspective, pada bagian ini merupakan usaha-usaha yang kita lakukan dari sisi Human Capital . Pada bagian ini minimal terdapat 2 target mendasar yaitu : Training untuk Learning and Growth serta Recruitment untuk membantu proses Growth. Karyawan adalah sumberdaya paling utama karena menentukan apakah seluruh teknologi, proses serta keberlangsungan usaha kita bisa maksimal dan berjalan baik apa tidak.

Kapan sih, proses perencanaa ini harus dilakukan? Waktu yang paling tepat adalah pada awal quarter ke 4 atau sekitar awal Oktober. Namun yang ideal adalah sekitar Agustus atau September tergantung seberapa besar ukuran dan kompleksnya  perusahaan.

Dan jika sampai dengan hari ini anda belum memulainya, maka pastikan setelah membaca Newsletter ini anda segera mengumpulkan Top Management anda dan mulai membuatnya. Prosesnya tidak sulit namun memang butuh totalitas. Anda bisa search  tentang Balance Score Card, ada banyak contoh dari yang paling ideal hingga panduan praktisnya.

Atau anda juga bisa mengundang Opsmarketer untuk memberikan 1 session terkait basic prosesnya dari Visi hingga ke SMART action plan tiap orang. Dimana jika ini dilakukan, maka kita sudah tidak perlu lagi bingung bagaimana mengukur performance tiap orang karena mereka sudah punya apa yang disebut dengan Key Performance Indicator (KPI). Untuk Rate and Schedule availability bisa email ke : info@opsmarketer.com

Selamat Menyambut Tahun Baru 2016!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: